TURUNKAN BERAT BADAN DENGAN UBI

diet, tips, nutrition. April 12, 2016

Jika kamu sedang berusaha mengurangi kalori, tambahkan sweet potato atau ubi jalar  ke dalam diet kamu untuk memperoleh nutrisi yang maksimum. Memang ubi jalar hanya mengandung sekitar 112 kalori, tapi ubi jalar sama sekali tidak mengandung lemak. Ubi jalar mengandung 2 gram protein dan lebih dari 100 persen dari jumlah Vitamin A yang biasa kita konsumsi sehari-hari, vitamin A ini bukan hanya membantu penglihatan kita, tapi juga sangat bagus bagi tulang dan sistem imun kita. Ubi jalar juga mengandung vitamin C, B-6 dan magnesium dalam jumlah kecil. Ubi jalar juga mengandung mineral yang sangat berguna. Ubi jalar juga memenuhi 20 persen zat besi, 25 persen fosfor, dan lebih dari 10 persen zinc, magnesium dan kalsium dari rekomendasi yang harus kita konsumsi setiap hari. 

Fiber

Jumlah fiber yang direkomendasi untuk laki-laki adalah 38 gram/ hari sementara untuk perempuan adalah 25 gram/ hari. Satu buah ubi jalar mengandung 4 gram fiber, lebih dari satu mangkuk oatmeal. Mengkonsumsi fiber yang cukup dalam diet kita bukan hanya akan menjaga level kolestrol kita tetap rendah, melindungi kita dari penyakit cardiovascular dan membantu menjaga gula darah kita, tapi juga mebantu untuk menurunkan berat badan. Makanan dengan kadar fiber yang tinggi seperti ubi jalar ini membuat kita merasa kenyang lebih lama.

Karbohidrat

Satu cup ubi jalar mengandung 28 gram karbohidrat kompleks. Ubi jalar memang tidak menurunkan berat badan secara langsung, tapi dikarenakan ubi jalar ini rendah kalori dan tinggi nutrisi, dapat memberikan energi ekstra, yang membuat kita membakar lebih banyak kalori di antara waktu makan. Kandungan karbohidrat membantu otak kita untuk menghasilkan glukosa, yang dapat membuat kita tetap energik dan menghindari kelesuan yang sering datang seiring dengan turunnya berat badan.

Ubi Jalar Ungu

Ubi jalar biasanya memiliki daging berwarna kuning atau oranye, tapi ada juga ubi jalar dengan daging berwarna ungu. Mereka mengandung senyawa yang disebut antosianin, yang memiliki sifat antioksidan kuat. Para peneliti di Universitas Nasional Pusan di Korea mempelajari efek dari ubi jalar ungu ekstrak pada adiposit di tahun 2011. Mereka menemukan bahwa ekstrak ini menyebabkan penurunan pada hormon yang berperan dalam mengendalikan metabolisme tubuh kita terhadap lemak. Dan ini menunjukkan bahwa ekstrak ubi jalar ungu ini bisa membantu penurunan berat badan dan mencegah obesitas.

Sebagai Pengganti

Ubi jalar sifatnya fleksibel dan bisa digunakan sebagai pengganti berbagai macam hal. Kita bisa tambahkan ubi jalar ini untuk sup, rebusan atau casserole untuk mengentalkan makanan secara alami tanpa menambahkan krim dengan lemak yang tinggi. Ubi jalar juga bisa menggantikan makanan utama seperti kentang, nasi, pasta ataupun roti, karena sifatnya yang mengenyangkan dan padat nutrisi tapi rendah kalori