DIET GARAM

diet, garam. March 17, 2015

Kalau Inul Daratista bilang sih sayur kurang enak kurang sedap kalau tanpa garam! Aku setuju banget sama Mbak Inul, memang kayak ada yang kurang sexy aja kalau makanan kurang garam.

Sekarang kan lagi trend banget nih diet garam dan diet nasi, sebagai seorang praktisioner diet garam aku pun melakukan penelitian independen atas garam. Selain mencoba pada badan aku sendiri, membaca berbagai artikel yang ditulis oleh para pakar kesehatan dan menganalisa hasil diet garam pada customer Blekros, berikut kesimpulan yang aku dapatkan.

A. Apa sih sebenernya garam itu?

Garam yang kita konsumsi sehari-hari itu dikenal di ilmu kima sebagai Natrium Chlorida. Natrium atau dikenal juga sebagai Sodium ini memang perannya penting banget nih buat badan kita. Natrium atau Sodium itu tidak hanya dapat kita temukan dalam garam tapi juga di bahan makanan lainnya.

Fungsi dari Natrium atau Sodium itu sendiri antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Menjaga volume darah dan tekanan darah agar normal;
  2. Mengatur keseimbangan air dalam tubuh;
  3. Menjaga fungsi otot dan saraf agar optimal.

Aku mempelajari bahwa Natrium atau Sodium yang terlalu banyak bisa dapat meningkatkan aliran dan tekanan darah sehingga bisa menyebabkan darah tinggi. Aku punya paman yang divonis memiliki tekanan darah tinggi, dokter mengatakan, apabila kamu tidak menjaga makanan dan takaran garam kamu, kamu memiliki potensi gangguan ginjal dan penyakit jantung yang bisa berakibat ke stroke. Ngeri ya.

B. Apa sih efek Kekurangan Garam?

Berdasarkan berbagai artikel kesehatan yang aku baca, aku menarik kesimpulan kekurangan garam antara lain:

  1. Deg-degan
  2. Dehidrasi
  3. Tekanan Darah Rendah
  4. Kram
  5. Pelupa

Aku menganalisa hasil penelitian para pakar kesehatan ini dan memang iya sih, hampir semua ini aku rasakan 3 hari pertama aku melakukan diet garam. Kalau pelupa sih emang bawaan lahir. Mama aku selalu bilang "Vita, kamu parah banget pelupanya, kalau tete bisa kamu tinggal, itu udah ketinggalan melulu kali ah, apa-apa tuh dicatet dong Vit!". Kalau deg-degan, yah ketemu pacar gue juga sampe hari ini masih deg-degan. Jadi, sebenernya diet garam ini insyaallah bukan merupakan "crash diet".

C. Diet Garam yang Baik

Dengan berbagai efek samping kekurangan garam tadi, aku pikir ngeri juga ga sih kalau aku langsing tapi bloon bin telmi akibat kurang garam.

Jadi perempuan itu paling ga boleh banget bloon, ya udah gimana caranya bisa tetep kece tapi ga bloon?

Jawaban: Belajar!!!

Aku pun mempelajari bahwa Natrium atau Sodium itu ga cuma ada di garam! Tapi, ada dalam daging sapi, ayam, telur, ikan, makanan laut, sayuran dan buah-buahan. Jadi, ketika menjalani aku menjalani diet garam 13 hari dimaksud, aku memastikan menu makanan aku selama 13 hari aku itu seimbang kandungan Karbohidrat, Protein dan Lemak-nya, jadi aku bisa turun berat badan tapi tetap sehat dan tetep pinter!

Kemudian aku mencari tahu, apabila efek kurang garam di atas tadi terjadi, apa sih yang harus aku lakukan untuk "feel better". Aku pun mendapati bahwa ketika melakukan diet garam, aku harus:

  1. Minum air paling tidak 8 gelas sehari, ini aja buat ku masih kurang, aku minum 3 botol ukuran 1500 ml setiap harinya. Aku tidak pernah merasa dehidrasi dan ini membantu lancarnya pencernaan, kalau kita kurang air bisa-bisa poop kita ga lancar.;
  2. Apabila pusing, aku selalu sedia kurma, untuk meningkatkan gula darahku;
  3. Aku tidur cukup;
  4. Memastikan aku banyak melakukan stretching sebelum dan sesudah olah raga biar tidak kram;
  5. Memastikan bahwa makanan yang aku konsumsi selama diet garam kandungan sodiumnya tinggi.

Cara masak juga penting, teknik masak kukus, panggang, bakar, stir fry itu berpengaruh sekali. Soalnya selama ini kan ngertinya masak cuma goreng, goreng banget sama rebus kan ya. Diet yang sukses itu apabila badan kita itu tidak merasa tersiksa dan tertekan karena "lagi diet". Maka dari itu, penting banget buat kita yang "lagi diet" itu, makan makanan yang bervariasi, jadi kita tidak bosan dan merasa senang terus. Trus "lupa" deh lagi diet. Hahahahha, ternyata efek "kurang garem" nya itu berguna juga kan sampe lupa tuh kalau lagi diet!

D. Berapa banyak garam yang dibutuhkan manusia dalam sehari?

Menurut beberapa lembaga penelitian kesehatan, garam dapat dikonsumsi minimum 1.500 mg setiap hari dan maksimum 2.300 mg setiap hari (kurang lebih 1 sendok teh setiap hari).

Aku menemukan bahwa pakar kesehatan memberikan rekomendasi penggunaan garam berdasarkan usia. Sensitivitas terhadap natrium sangat individual dan biasanya meningkat dengan usia.

USIA Takaran Garam/hari
0-6 bulan 1 gram
7-12 bulan 2 gram
4-6 tahun 3 gram (setengah sendok teh)
7-10 tahun 5 gram
11-14 tahun 6 gram
Dewasa 6 gram 6 gram (satu sendok teh)

E. Jadi seberapa sering sih kita boleh diet garam?

Apabila kita sudah berhasil melakukan tahap "Lose It", dengan metode diet garam dan nasi selama 13 hari, dan berat badan kita turun 3 – 8 kg. Apakah kita boleh melakukan diet ini lagi?

Dengan 13 hari kita digembleng ga makan garam bisa turun 3-8 kg, tapi kamu jangan fokus bahwa "makan tanpa garam bisa bikin kurus",  sehingga kamu pikir "ya udah deh gue ga usah makan garem pasti gue bakalan kurus seksi". Salah Besar.

Kamu tuh harus lihat program Blekros secara keseluruhan. Kamu harus lihat bagaimana cara Blekros memasak dan mengolah makanan, bahan makanannya, porsinya. Semua dibuat untuk membantu penurunan berat badan. Kamu juga harus perhatikan semua aturan main Blekros! Jangan Nyemil! Olah Raga Sehari Minimal 1 Jam! Tidur Cukup! Banyak Makan Sayur dan Buah! Semua ini bisa dibaca di www.blekrosdiet.com/package/diet/rules. Please dong baca!

Kamu harus menyadari kuncinya adalah "KONSISTENSI".

Setelah program diet 13 hari selesai, kita harus konsisten dengan pola hidup yang baik:

  1. pilih bahan makanan yang segar (i.e. complex carbs, lean protein, fresh veggies and fruits)
  2. makan makanan yang diolah dengan benar;
  3. jaga takaran garam sesuai anjuran (1/2 sendok teh untuk makan siang) dan (1/2 sendok teh untuk makan malam);
  4. jaga konsumsi gula;
  5. hindari nyemil;
  6. olah raga setiap hari;
  7. tidur cukup;
  8. cheating boleh sedikit ketika weekend, tapi inget ya, tidak seharian penuh cheating di weekend. Choose your cheat meal wisely and make sure the calories are worth it.

Jadi untuk menjawab berapa kali kita boleh diet garam, yah kamu harus bisa menimbang sendiri. Apakah badan kamu kuat? Apakah kamu siap? Kamu yakin kamu ga bakalan enek?

Kalau tanya aku, sebenernya ga ada aturan bakunya berapa kali dalam setahun boleh diet garam 13 hari. Toh selama diet 13 hari pengganti kandungan garam yaitu sodium dan natrium kita temukan dalam bahan makanan yang lain. Belum lagi setelah diet 13 hari kalian belum tentu "Konsisten" menjalani pola hidup a la diet mayo. Aku yakin konsumsi garam kalian per hari bisa lebih dari anjuran, yaitu 1500 – 2300 gram sehari.

Jadi saran aku, Diet Garam maksimal 6 bulan aja, itu pun kalau kamu merasa perlu. Sisanya "KONSISTEN" menjalani pola hidup sehat. Dengan "KONSISTEN", kalian pasti bisa mencapai berat badan ideal dan yang paling penting berat badannya gak yoyo.

Sekian dari aku, semoga membantu ya.

Disclaimer: Ulasan ini merupakan pendapat pribadi saya yang diperoleh berdasarkan pengalaman saya menjalani diet mayo dan analisa saya terhadap penelitian independen dari berbagai sumber. Saya bukan lah ahli nutrisi atau pun dokter, sehingga saya tidak dapat memberikan konfirmasi bahwa seluruh isi ulasan di atas adalah benar dari ilmu nutrisi dan medis.